Rabu, Maret 25, 2009

Geograpic Information System


SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG)
GEOGRAPIC INFORMATION SYSTEN (GIS)


Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah Sistem informasi yang mengelola data yang memiliki informasi spasial atau bereferensi keruangan. Atau dapat juga dipahami sebagai Sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi bereferensi geografis dalam sebuah database.

Data GIS dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu data dan data atribut atau data tabular. Data grafis adalah data yang menggambarkan bentuk atau kenampakan objek di permukaan bumi. Sedangkan data tabular adalah data deskriptif yang menyatakan nilai dari data grafis tersebut.

Beberapa Penerapan GIS dapat adalah sebagai berikut.

  • Dalam Bidang Pemasaran seperti Distribusi Produk , Bisnis Eceran, Pusat Layanan Bisnis, Bisnis Kecil
  • Peta Lokasi (Location Maps), seperti Peta Kawasan Wisata, Peta Wilayah, Peta Jalur Mudik, dll
  • Telekomunikasi ,yang meliputi: Fasilitas dan pemetaan kawasan, Rute penempatan kabel
  • Manajemen Prasarana Transportasi : Jalan, jalur kereta api, fasilitas pelabuhan, Lingkungan dan Geologi
  • Pariwisata
  • Dll.

Sebagai sistem yang memiliki kegunaan yang sangat luas, perlu banyak pemahaman program aplikasi lain sebagai penunjang. Beberapa program yang pendukung aplikasi SIG diantaranya :

  • CAD (AutoCAD Map, Land Development, dll)
  • Arcview, Arc Info, Arc Explorer, ArcGIS
  • Database (Ms. excel, Ms. Acces, dll)
  • Map Info

Aplikasi Pengolah Image (Photoshop, Corel, dll)

Sedangkan secara keilmuan perlu dipahami beberapa ilmu tentang pengukuran rupa bumi (geodesi), Sistem koordinat geografis, kartografi, penginderaan jauh, dll.


PETA SEBAGAI BAGIAN DARI
SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS


Pengertian Peta
Peta adalah gambaran dari sebagian atau keseluruhan permukaan bumi dengan system proyeksi dan skala tertentu.

Jenis-jenis peta

Peta garis
Adalah peta yang menyajikan detail planimetris maupun ketinggian dalam bentuk garis dan symbol-simbol. Detail yang disajikan dipilih (generalisasi) sesuai engan skalanya dan kontur digambar dengan interval tertentu.

Peta Foto
Adalah peta yang disajikan dalam bentuk foto yang telah direktifikasi sedemikian rupa sehingga skalanya seragam. Peta foto dapat berupa hanya foto, dapat pula ditumpangtindihkan dengan detail seperti peta garis

Peta Digital
Adalah peta dalam bentuk data digital, baik dalam bentuk data vector, raster, atau kombinasi keduanya. Sedangkan berdasarkan fungsinya peta digital dibagi menjadi dua yaitu peta topografi yang menyajikan informasi topografi yang panimetris secara lengkap sesuai dengan skalanya dan peta tematik, yaitu peta yang hanya menyajikan detail atau data tertentu sesuai dengan keperluanyya.

Kartografi
Adalah ilmu dan seni pembuatan peta, agar peta selain informative, juga kelihatan indah. Beberapa hal pokok tentang aturan kartografi antara lain Muka peta dan informasi tepi, Skala peta, Proyeksi peta dan system koordinat dan penggambaran detail yang perlu dotonjolkan.



Disusun dari berbagai Sumber

Tidak ada komentar:

Entri Populer